Wednesday, November 19, 2014

BAGINDA MUCHTAR @ BBM: "Aku" (Dalam Sajak) Cukup Mencukupkan - page 194



Cukup-Mencukupkan

Aku tadinya termasuk dalam golongan 99
Mencari yang satu untuk mencukupkan
Rupanya aku salah jalan
Kuanggap dia di luar, padahal dia di dalam

Aku yang kucari
Beradanya dalam diri sendiri
Hanya orang yang tak mengerti
Akan keadaannya sendiri

Orang mencari yang ada
Aku mencari yang tak ada
Bagaimana orang akan mendapatnya
Yang memuaskan bagi badan dirinya

Akhirnya setelah aku dapat menemuinya
Setelah kekuranganku, kucukupkan dengannya
Yang aku dapat selama ini bukan yang sebenarnya
Aku berpegang tidak pada batangnya

Aku adalah hanya batangan
Bagi orang yang berbadan
Kalau orang dapat menyatakan
Pasti akan menguntungkan

Cukupkanlah kekuranganmu dengan tidak merugikan
orang lain
Cukupkanlah kekurangan orang lain dengan tidak
merugikan diri sendiri
Cukup mencukupi tak ada jalan lain
Selain dari dengan jalan diri sendiri

Jalan diri sendiri ialah jalan kehidupan
Mengaliri seluruh badan
Untuk itu orang harus dapat mengeluarkan
Sampai dapat merasakan

Ditemui aku
Dalam perjalanan
Dengan menurutkan jalanku
Dipertemuan kiri dan kanan

Cukupkanlah kekuranganmu
Dengan jalanku
Aku akan mencukupkan kekurangan
Dengan apa yang ada padaku

Jalanku tak akan merugikan orang
Bahkan membawa orang ke jalan sendiri
Dengan jalanku mencukupkan yang kurang
Tidak akan merugikan ke diri sendiri

.

No comments:

Post a Comment